Sunday, 5 August 2012

Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) bagi Puskesmas

Pemerintah Pusat telah membantu Puskesmas dan jaringannya serta Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) untuk meringankan kebutuhan biaya operasional/kegiatan melalui kucuran dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Realisasi BOK telah dimulai pada pertengahan tahun 2010 dan akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang. BOK adalah bantuan dana dari Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan di harapkan dapat meningkatkan kinerja Puskesmas dan jaringannya serta Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) dalam melaksanakan pelayanan kesehatan promotif dan preventif sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) menuju Millenium Development Goals (MDGs).
Tujuan pemberian dana BOK
Tujuan umum meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat melalui kegiatan promotif dan preventif untuk mewujudkan pencapaian target SPM bidang kesehatan dan MDGs pada tahun 2015.
Tujuan khusus yaitu
  • Memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif kepada masyarakat.
  • Menyediakan dukungan biaya untuk upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif bagi masyarakat.
  • Mendukung terselenggaranya proses Lokakarya Mini di Puskesmas dalam perencanaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
Alasan lain diluncurkannya dana BOK yaitu empat fungsi Puskesmas dinilai belum berjalan optimal yaitu: Puskesmas sebagai pusat pembangunan wilayah berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan perorangan primer, dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat primer.
Upaya Kesehatan apa saja yang dapat didanai dari dana BOK?
Alokasi pemakaian dana BOK di Puskesmas & jaringannya serta UKBM meliputi 3 kelompok besar, yaitu: Upaya kesehatan, penyelenggaraan manajemen Puskesmas, serta upaya dukungan untuk keberhasilannya. Upaya kesehatan wajib yang dapat dibiayai dari dana BOK mencakup upaya-upaya kesehatan promotif dan preventif yang meliputi:
1. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Keluarga Berencana (KB)
2. Imunisasi
3. Gizi
4. Promosi kesehatan
5. Pengendalian Penyakit
6. Penyehatan Lingkungan

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment